Sederhana Tapi Bermakna (UPT SDN 14 Lunang)

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan atau memunculkan produk 
atau gagasan baru berdasarkan pengalaman, wawasan, maupun hubungannya dengan orang lain. Kreativitas merupakan suatu hal yang tidak diturunkan, karena kreativitas merupakan hasil interaksi potensi kreatif individu dengan lingkungannya. Lingkungan menjadi penunjang utama untuk mengembangkan kreativitas, tanpa lingkungan yang mendukung mustahil akan teraktualisasikan. 

Minimnya kesadaran orang tua untuk mengenali dan mengembangkan kreativitas anak menjadikan sekolah sebagai lembaga strategis untuk mengembangkan kreativitas anak. Beberapa upaya yang dilakukan sekolah untuk mengembangkan kreativitas peserta didik adalah dengan memberikan pengalaman, pengetahuan, 
dan motivasi kepada peserta didik. 

Kreativitas anak bisa diasah sejak usia belia. Usia sekolah menjadi saat tepat bagi guru untuk mulai memupuk potensi kreatif anak. Banyak sekali cara yang bisa guru lakukan dengan mudah dan praktis untuk membentuk kreativitas anak. Guru bisa melakukannya pada saat proses pembelajaran. Salah satunya seperti yang sudah saya lakukan yaitu membuat surat undangan ulang tahun. Hal ini sesuai dengan materi yang sedang dipelajari oleh siswa kelas 5 tema 7. Sebelum anak memulai, saya memutar video lewat infokus cara membuat undangan ulang tahun. Setelah itu baru siswa membuat sendiri sesuai dengan keinginan masing-masing.

Semua bahan telah kami siapkan. Semua bahannya berasal dari bahan bekas. Karton dan hiasannya berasal dari bahan bekas sisa menghias kelas. Siswa sangat semangat dalam proses pembuatannya. Ada yang lagi menggunting, ada juga yang lagi menulis, dan mereka saling membantu jika mengalami kesulitan. Begitu senang dan bangganya melihat pemandangan itu. 

Beberapa saat kemudian, siswa telah selesai mengerjakannya. Masing-masing mereka membuat sesuai dengan keinginannya. Setelah itu masing-maaing siswa memamerkan hasil karyanya didepan kelas. Selanjutnya siswa diminta mempraktekan bagaimana caranya memberikan undangan kepada teman. Mereka malu-malu karna katanya belum pernah menberikan undangan ke teman. Mereka tidak pernah mengadakan pesta ulang tahun. Dengan adanya kegiatan itu, siswa bisa merasakan bagaimana rasa senangnya memberikan undangan ulang tahun keteman. 

Selanjutnya, hasil karya siswa tadi ditempel di dinding sudut baca agar semua temannya bisa melihat hasil karyanya masing-masing. Setelah ditempel semuanya tertawa melihat karyanya sendiri, ada juga yang memberikan saran dan pujian pada karya temannya. Begitulah anak SD, berbicara jujur apa adanya. Sungguh proses pembelajaran yang berkesan. Hasilnya sederhana tapi prosesnya sangat bermakna. Sebagai seorang guru jangan pernah mengabaikan hal-hal yang sederhana, kadang justru hal yang sederhana itu mendatangkan hasil yang luar biasa.  


#ceritaku
#part6
#uptsdn14lunang
#siswakupenyemangatku
#nafrizalekaputra

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Guru itu tak seburuk yang kau sangka, kawan!

Penghibur Hati Dikala Rindu (UPT SDN 14 Lunang)

Evaluasi Sepekan Dan Penguatan Social Distancing (UPT SDN 14 Lunang)