Reward Dari Sang Fasilitator

Setelah pendidikan guru penggerak dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, maka peserta CGP (Calon Guru Penggerak) mulai membuka LMS (Learning Management System) yang ada pada SimPKB. Pada LMS inilah peserta akan mendapatkan materi, tugas, dan upload tugas. LMS sangat membantu dan memudahkan CGP dalam mengerjakan tugas-tugasnya selama sembilan bulan kedepan. 

Awal membuka LMS, saya sedikit bingung melihat fitur-fitur yang ada didalamnya. Meskipun begitu, saya melihat dan membuka fitur-fitur tersebut. Saya membuka youtube untuk mengetahui lebih dalam tentang LMS. Selain itu kami juga dibekali dengan Bimtek khusus tentang LMS oleh admin LMS. Akhirnya saya paham fungsi dari masing-masing fitur tersebut. 

Setelah latihan Bimtek LMS, saya mulai mengerjakan tugas-tugas yang harus di kerjakan CGP. Saya melihat jadwal tugas yang sudah dibagikan fasilitator dan PP (Pengajar Praktik) dalam group wa. Saya melihat dan memahami tugas-tugas apa saja yang harus dikerjakan dan diupload. Akhirnya satu persatu tugas selesai. Meskipun sibuk dengan jadwal mengajar, saya slalu menyempatkan diri untuk membuka LMS. Saya memanfaatkan waktu luang untuk mengerjakan tugas. Saya harus benar-benar bisa mengatur waktu karena dalam waktu dekat saya akan melangsungkan akad nikah dan resepsi. Jadi banyak hal-hal yang harus saya siapkan untuk acara tersebut. Selain itu, saya juga menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan Penerbitan buku. Kebetulan saya juga bertugas sebagai penangungjawab penerbitan buku solo dan antologi bersama rekan-rekan guru. Tapi saya yakin, selalu ada jalan, selalu ada kemudahan bagi yang bersungguh-sungguh dan tulus. Akhirnya berkat motivasi dan doa-doa orang terdekat, semuanya berjalan dengan lancar. Namun ada satu kegiatan yang tertunda yaitu pelatihan menulis yang saya dirikan. Mengingat dan menimbang kedepannya, maka pelatihan ini ditunda. Meskipun begitu tidak menyurutkan semangat saya karena saya yakin segala sesuatu sudah ada yang mengatur dan semuanya akan indah pada waktunya. 

Waktu terus berjalan, saya selalu membuka LMS melihat perkembangan tugas.  Setiap hari ada tugas yang harus dikerjakan, baik tugas individu maupun kelompok. Tak lama kemudian saya melihat respon dari fasilitator terhadap tugas yang sudah dikerjakan. Satu persatu saya melihat respon dari pak Sulis (fasilitator). Melihat dan membaca respon dari pak Sulis membuat hati saya senang dan semakin semangat. Alhamdulillah respon beliau sangat baik. Sungguh luar biasa reward yang diberikan oleh pak Sulis. Sejenak saya teringat dengan siswa. Saya seorang guru diberi reward oleh fasilitator sangat senang, apalagi siswa pasti lebih senang lagi. Saya mulai berpikir dan meyakinkan dalam hati "besok saya harus lebih rajin lagi memberikan reward ke siswa". Reward tidak selalu berupa benda, tapi dengan kata-kata pujian saja siswa pasti senang. Sungguh luar biasa dampak baik dari sebuah reward. Saya semakin semangat dalam mengerjakan tugas. 

Terimakasih pak Sulis atas bimbingan bapak. Terimakasih atas ilmu dan pengalamannya selama seminggu ini. PGP ini makin membuka mata dan hati saya akan kebaikan dan ketulusan. Saya berniat dari hati untuk berubah menjadi pribadi yang baik. Saya bertekad menjadi pembelajar merdeka. Saya ingin mendidik dan menyayangi siswa saya setulus hati. Saya akan menganggap mereka seperti anak kandung agar kasih sayang yang saya berikan dapat dirasakan oleh mereka dengan tulus. 

Saya tidak mau puas dengan hasil tugas sekarang. Saya akan selalu berusaha, belajar, dan terus belajar agar waktu tidak terbuang dengan sia-sia. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Semoga saya dapat menyelesaikan program pendidkan guru penggerak ini dengan baik sampai dinyatakan lulus, aamiin. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini P5 ku, mana P5 mu?

Guru itu tak seburuk yang kau sangka, kawan!

Ciri-Ciri Guru Yang Baik Dan Disenangi Siswa Versi Pak Guru Ganteng (UPT SDN 14 Lunang)