Lokakarya 2 PPGP Angkatan 4 Kab. Pesisir Selatan

Pada tanggal 12 Februari 2021, saya sebagai CGP angkatan 4 melaksanakan program PPGP selanjutnya yaitu Lokakarya 2. Seperti biasanya, saya mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan lokakarya tersebut. Saya bersama rombongan berangkat pada hari H-1karena jarak rumah dengan lokasi Lokakarya sangat jauh sekitar lebih kurang 3 jam 50 menit sesuai peta lokasi pada geogle map. Selama diperjalanan, saya menikmati keindahan malam sepanjang perjalanan. Akhirnya saya dan rombongan sampai juga ditempat menginap, salah satu penginapan di Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. 

Mentari pagi bersinar di ufuk timur. Saya bersiap untuk berangkat ke lokasi lokakarya. Lokasinya berada di salah satu Hotel yang ada di Kota Painan yaitu Hanna Hotel Syar'iah. Setiba di Lokasi, saya langsung mendaftar ke meja panitia. Saya menyerahkan semua persyaratan-persyaratan yang diminta. Akhirnya saya masuk kedalam ruangan tempat belajar. 

Setelah berada didalam ruangan, saya melihat ruangan yang bersih dan nyaman. Saya menyapa satu persatu para pendamping atau Pengajar Praktik. Pada Lokakarya 2 ini, ruangan belajar terdiri dari 3 kelompok CGP. Masing-masing kelompok dibimbing oleh satu Pengajar Praktik. Setelah beberapa menit kemudian, baru lokakarya 2 dibuka oleh panitia dan pengajar praktik. 

Kegiatan belajar pagi ini diawali dengan perkenalan diri oleh masing-masing CGP dengan cara "Tembak Koboy". Permainan yang begitu menarik dan mengasyikan. Semua ikut tertawa dalam permainan ini, sehingga para peserta semakin semangat dalam mengikuti kegiatan. 

Materi yang dibahas pada lokakarya 2 ini adalah tentang "Komunitas Praktisi". Materi ini membahas tentang pemahaman materi filosofi komunitas, prinsip pengembangan komunitas, tahapan menggerakan komunitas, dan rencana pembuatan komunitas di Sekolah. Pada proses pembelajaran, masing-masing kelompok ditemani dan dibimbing oleh satu pengajar praktik. Sebelum membahas tentang komunitas praktik, peserta terlebih dahulu bercerita tentang hambatan atau tantangan selama satu bulan terakhir dalam kegiatan PPGP. Masing-masing peserta/CGP menulis dikertas origami, lalu menempelnya pada kertas yang sudah disediakan pada dinding ruangan. Satu persatu CGP menempel kertas origami yang sudah ditulisnya. Setelah itu satu persatu membacakan kertasnya didepan kelompok, setelah itu peserta yang lain memberikan masukan, saran, atau solusi dari tantangan yang sudah dibacakan oleh peserta. Sehingga masing-masing tantangan mendapatkan solusi yang terbaik dibawah bimbingan Pengajar Praktik. 

Proses pembelajaran yang menarik dan mengasyikan. Tanpa terasa ternyata jam istirahat sudah masuk. Saya dan peserta yang lain lanjut makan siang, sholat, dan istirahat sejenak. Pelayanan makan siang sangat bagus. Hidangan makanan dan buah, sangat menggugah selera. Akhirnya saya menyantap makan siang dengan penuh kenikmatan. 

Setelah jam istirahat telah usai, saya dan peserta yang lain mulai masuk ke ruang belajar. Para Pengajar Praktik telah menunggu kami dengan senyuman manisnya. Setelah itu pengajar praktik memberikan kami materi tentang "Komunitas Praktisi". Para peserta diberi penjelasan tentang komunitas praktisi. Setelah itu kami diberi lembar kerja untuk diisi. Setelah itu masing-masing kelompok mempresentasikan lembar kerja yang sudah diisinya. Proses pembelajaran berlangsung sangat menyenangkan. Rasa kantuk dan letih hilang sejenak. Saya fokus kediskusi kelompok. 
Beberapa jam kemudian, akhirnya proses pembelajaran berakhir. Masing-masing peserta kembali menyusun tempat duduk masing-masing. Pengajar Praktik dan peserta melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Tugas baru sudah menanti CGP yaitu membuat komunitas praktisi. Semoga dengan adanya komunitas praktisi ini, CGP dapat berbagi praktik-praktik baik kepada rekan guru lainnya. Akhirnya kegiatan lokakarya 2 ini ditutup oleh panitia dan Pengajar Praktik. Setelah itu dilanjut dengan poto bersama dan masing-masing peserta mendapatkan haknya dari panitia. Sampai jumpa kembali di Lokakarya 3, terima kasih. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini P5 ku, mana P5 mu?

Guru itu tak seburuk yang kau sangka, kawan!

Ciri-Ciri Guru Yang Baik Dan Disenangi Siswa Versi Pak Guru Ganteng (UPT SDN 14 Lunang)