Ciri-Ciri Guru Yang Baik Dan Disenangi Siswa Versi Pak Guru Ganteng (UPT SDN 14 Lunang)

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk menjadi seorang guru, tidaklah mudah. Ada beberapa proses yang harus dilalui sehingga bisa menjadi seorang guru. Guru yang saya maksud adalah guru yang mengajar di sekolah formal seperti guru sekolah dasar. Guru layaknya orang tua di sekolah. Guru menjadi panutan, tempat memberi ilmu, tempat bertanya, tempat mengadu, dan tempat berbagi cerita. Sebagian kita banyak yang menjadi guru namun belom bisa sepenuhnya melaksanakan tanggung jawab sebagai seorang guru. Oleh sebab itulah muncul kata-kata miring tentang guru.  

Guru yang baik adalah guru yang bisa memposisikan diri sesuai dengan keadaan. Dia tahu kapan serius, dia tahu kapan tegas, dia tahu kapan bercanda, dan dia tahu kapan harus berbagi cerita dengan siswa. Tidak ada guru yang sempurna, tapi guru yang baik akan selalu berusaha membuat siswanya menjadi yang terbaik. Terbaik dalam pengetahuan dan sikap. Biasanya guru yang seperti ini, banyak di senangi oleh siswa. 

Berikut ciri-ciri guru yang baik dan banyak disenangi oleh siswa versi pak guru ganteng :

1. Disiplin.
Hal yang paling utama dimiliki oleh seorang guru adalah disiplin. Dia tahu bagaimana cara menghargai waktu. Guru yang baik akan selalu menjaga komitmen yang sudah disepakati. 

2. Bekerja dengan hati.
Guru yang baik akan selalu tulus dan ikhlas dalam bekerja. Dia tidak mau bekerja hanya karena aturan saja. Segala sesuatu dikerjakan dengan hati sehingga muncul niat ikhlas dan tulus. 

3. Banyak bermain dengan anak.
Guru yang baik akan selalu menghabiskan waktu bersama anak. Dia berusaha memahami karakter anak dengan memasuki dunia anak. Pada saat bersama inilah guru bercanda dan saling berbagi dengan anak. 

4. Mengajar dengan gaya bervariasi. 
Guru yang baik akan selalu kreatif dalam proses pembelajaran, termasuk menggunakan media pembelajaran. Dia selalu melibatkan anak dalam proses pembelajaran. 

5. Membuat kelas menjadi indah.
Guru yang baik akan selalu membuat kelas layaknya seperti rumah. Hal ini  dilakukan agar anak menjadi betah dan semangat dalam belajar. 

6. Tegas.
Guru yang baik memiliki komitmen yang kuat. Dia akan mengatakan sejujurnya kepada anak. Selalu menegur anak apabila salah dan memberikan reward apabila benar. 

7. Sering menyapa siswanya dengan 
    senyuman.
Guru yang baik akan selalu memberikan senyuman saat berjumpa dengan siswa. Selalu menyapa siswa dengan gaya khususnya. 

8. Merayakan hari spesial siswa.
Guru yang baik selalu bisa mencari cara agar siswanya bahagia. Salah satunya merayakan hari spesial siswa seperti ulang tahun. Kegiatan ini sangat luar biasa bagi anak. Mereka merasakan kebahagian yang mungkin belum mereka rasakan sebelumnya. 

9. Membuat salah satu kegiatan menjadi 
    budaya di kelas.
Guru yang baik akan selalu membiasakan hal-hal yang baik untuk mempererat kebersamaan. Salah satunya menentukan jadwal makan bersama. Hal itu dilakukan setiap sekali seminggu. Siswa akan merasakan kebersamaan layaknya keluarga. Mereka akan saling berbagi makanan. 

10. Menguasai materi.
Guru yang baik akan selalu belajar. Dia selalu mempersiapkan diri untuk bahan mengajar besok. 

11. Dermawan.
Guru yang baik suka memberikan reward kepada siswa, agar mereka makin semangat belajar. Dia suka memberi sesuatu yang bermanfaat kepada siswa. 

12. Suka mengabadikan momen bersama 
       siswa.
Guru yang baik akan selalu mengabadikan kenangan bersama siswa dengan berpoto. Poto bersama sangat disenangi anak-anak.

13. Sering membuat yel-yel atau ice 
       breaking. 
Guru yang baik akan selalu kreatif dalam mengajar. Bersama siswa dia akan membuat ice breaking lalu dipraktekan bersama dikelas. Suasana akan hidup. 

Jadi, guru yang baik dan disukai siswa adalah mereka yang membanggakan profesinya sebagai guru baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Guru yang selalu membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Guru yang selalu memberi ruang kepada siswanya dalam merdeka belajar. Merdeka yang bertanggung jawab. 

Jadilah seperti lilin, yang tidak pernah menyesal saat nyala api membakarmu. Jadilah seperti air yang mengalir sabar. Jangan pernah takut memulai hal baru.
                                            - Tere liye -


#ceritaku
#part21
#uptsdn14lunang
#siswakupenyemangatku
#nafrizalekaputra
#pakguruganteng

Comments

  1. Seruuuu....
    Ini baru anaknya ibu guru cantik beneran.

    Bunda share ah !!!

    Ku umumkan pada dunia, anak bungsuku pak guru ganteng dari Sumatera.

    Guru hebat, lebih hebat dari Bundanya.


    Kata-kata Tere Liye nya yang Bunda suka.


    Teruslah berkarya anakku si bujang yang ganteng

    Salam sehat dari Kupang

    ReplyDelete
  2. Iko iyo pak guru ganteng yg hebat...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini P5 ku, mana P5 mu?

Guru itu tak seburuk yang kau sangka, kawan!