WFH Versi Pak Guru Ganteng (UPT SDN 14 Lunang)

WFH adalah singkatan dari Work From Home. WFH sudah lama dilakukan oleh sebagian orang dalam menyelesaikan pekerjaannya di rumah. Namun di kalangan masyarakat kita, WFH ini mulai dikenal semenjak virus Corona mulai mewabah ke negara kita. Arti WFH itu sendiri adalah sebuah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan beberapa perusahaan untuk mempekerjakan para karyawannya dari rumah masing-masing. Jadi saat ini bekerja dari rumah dirasa cukup efektif untuk meminimalisir penularan Covid-19 atau virus Corona.

Pada situasi saat ini, kita diinstruksikan untuk tidak keluar rumah. Meskipun demikian, sebagai seorang guru kita juga harus produktif disaat situasi libur. Tentu kita memiliki waktu santai lebih banyak jika dibandingkan saat berada di sekolah. Jadi siswa belajar dirumah dan guru pun belajar dirumah. Banyak kegiatan yang dapat kita lakukan sebagai seorang guru untuk lebih produktif. Berikut beberapa kegiatan yang saya lakukan dirumah untuk mengisi waktu luang disaat libur yaitu :

1. Memantau perkembangan siswa belajar dirumah via telfon. Saya bersama orang tua berkolaborasi dalam membimbing siswa belajar dirumah. Setiap hari menghubungi orang tua siswa, menanyakan kabar dan kegiatan anak. Hal ini merupakan salah satu bentuk perhatian guru kepada siswa. Sehingga siswa merasakan perhatian yang sama baik disekolah maupun dirumah. Sebagian kita bisa melakukannya saat belajar daring. 

2. Melengkapi administrasi sekolah di rumah. Saat ini saya lagi mengurus bahan naik pangkat. Jadi ada beberapa bahan yang harus dilengkapi. Selain itu saya juga melengkapi beberapa administrasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan laporan. 

3. Mengikuti kelas menulis daring. Inilah salah satu kegiatan yang saya ikuti biar bisa lebih produktif. Pada proses menulis daring ini, saya belajar menjadi seorang blogger. Menjadikan menulis sebagai hobi. Sangat banyak manfaat yang positif dari kegiatan ini. Jika saya mengikuti dengan baik, bisa nanti menerbitkan sebuah buku. Pada kelas menulis yang saya ikuti, banyak orang-orang hebat yang tergabung dalam group menulis. Jadi sangat membantu saya dalam kegiatan menulis dan menerbitkan tulisan. Hasilnya dapat dilihat disini.

4. Belajar menjadi youtuber. Selain kelas menulis, saya juga ikut kelas membuat konten di youtube. Kelas ini bisa melatih kita bagaimana cara membuat media pembelajaran dengan menggunakan youtube. Untuk saat ini saya baru belajar bagaimana cara membuat video dan memasukannya ke youtube. Hasilnya dapat dilihat disini.

5. Selain sebagai guru kelas, saya juga diamanahkan oleh kepala sekolah menjadi bendahara BOS Sekolah. Salah satu tugas bendahara adalah menyelesaikan pembayaran yang menyangkut dengan kebutuhan sekolah. Pembayaran dilakukan dengan cara non tunai. Cara pembayaran ini sangat tepat sekali dengan situasi saat ini. Kita hanya mentranfer dari rekening sekolah ke rekening tempat membeli barang dengan menggunakan aplikasi dari salah satu Bank daerah. 

Itulah beberapa kegiatan yang saya lakukan di rumah. Mungkin masing-masing guru memiliki kegiatan yang berbeda. Yang penting kegiatan yang kita lakukan positif dan bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Sebagai seorang guru, tentu kita juga memiliki banyak kekurangan. Alangkah lebih baik, kita belajar untuk melengkapi kekurangan itu. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni menuntut guru untuk harus belajar beradaptasi dengan hal-hal baru yang berlaku saat ini. Dalam kondisi ini, seorang guru dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang baru. Semoga kita bisa menjadi guru yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik. 


#ceritaku
#part20
#uptsdn14lunang
#siswakupenyemangatku
#nafrizalekaputra

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini P5 ku, mana P5 mu?

Guru itu tak seburuk yang kau sangka, kawan!

Ciri-Ciri Guru Yang Baik Dan Disenangi Siswa Versi Pak Guru Ganteng (UPT SDN 14 Lunang)