Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Nama saya Nafrizal Eka Putra, biasanya anak-anak memanggil saya dengan sebutan Pak Naff. Saya seorang guru sekolah dasar tepatnya di UPT SDN 14 Lunang. Alhamdulillah saya salah satu dari sekian guru yang terpilih jadi CGP (Calon Guru Penggerak) angkatan 4 Kabupaten Pesisir Selatan. Pengumuman kelulusannya dapat dilihat disini.

Setelah lulus tahap 2, saya mengikuti program pendidikan guru penggerak. Pada program ini CGP akan memahami dan mendalami materi pada masing-masing modul. Setelah itu CGP akan mengerjakan tugas dan menguploadnya di LMS. Materi yang pertama adalah Modul 1.1 tentang Dasar-Dasar Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD). Materi tersebut dapat dilihat disini

Ada beberapa hal yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran dikelas sebelum mempelajari modul 1.1 adalah:
1. Seorang guru harus membuat aturan agar murid patuh dan disiplin. 
2. Guru harus menyelesaikan target mengajar sesuai dengan kurikulum. 
3. Semua murid harus mendapatkan nilai yang tinggi pada semua mata pelajaran. 
4. Guru memberikan hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar aturan. 
5. Guru sangat menyayangi murid yang lebih pintar. 
6. Siswa harus tenang dan diam dikelas. 
7. Siswa harus mengikuti kegiatan praktek yang sudah ditentukan guru. 

Itulah beberapa hal yang terjadi dikelas atau sekolah. Tujuannya baik, namun ada beberapa hal yang membuat hati bertanya-tanya. Begitu banyaknya usaha yang dilakukan, namun kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Begitu banyak hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Salah satu contohnya adalah masih banyak nilai murid dibawah KKM. 

Setelah membaca dan memahami modul 1.1 ini, banyak hal-hal yang saya dapatkan tentang dunia pendididkan. Sejenak saya terdiam dan mengingat hal-hal yang sudah saya lakukan ke murid. Pikiran ini membuat hati saya sedih dan merasa bersalah. Tanpa disadari saya melakukan refleksi diri selama menjadi guru. Akhirnya saya bertekad ingin merubah pemikiran atau perilaku saya. Saya harus memprioritaskan atau mengutamakan anak dalam proses pembelajaran. Saya harus memberikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak. Saya harus menghargai setiap perbedaan yang ada pada anak. Saya tidak mau lagi memaksakan kehendak kepada anak. Saya harus memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan bakat dan minat yang ada dalam diri masing-masing anak. Saya harus lebih dekat dengan anak agar anak merasakan kasih sayang yang tulus dari gurunya. Saya ingin menjadi pembelajar merdeka. Saya ingin menjadi guru yang menerapkan merdeka belajar dalam proses pembelajaran. Modul ini benar-benar membuka mata dan hati saya untuk menjadi lebih baik lagi. 

Selanjutnya, yang bisa segera saya terapkan agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD adalah:
1. Saya memprioritaskan anak dalam proses pembelajaran seperti melibatkan anak dalam segala kesepakatan atau keputusan yang diambil dikelas sehingga anak merasa penting/utama dalam pembelajaran. 
2. Saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak untuk bermain agar saya lebih bisa memahami karakter anak. 

3. Saya menggunakan strategi yang bervariasi dalam mengajar sehingga anak tidak cepat bosan dalam proses pembelajaran seperti bermain game atau membuat yel-yel yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Kegiatan ini dapat dilihat disini

4. Saya memberikan kebebasan kepada anak dalam mengembangkat bakat dan minatnya seperti menampilkan kreatifitasnya dalam kegiatan seni seperti tari.  Kreatifitas anak tersebut dapat dilihat disini

5. Saya lebih rajin memberikan reward ke anak dalam bentuk pujian sehingga mereka makin semangat dalam belajar. Salah satunya seperti mereka sering tampil kedepan kelas. 
6. Saya membuat sebuah wadah kegiatan untuk anak dalam mengembangkan bakatnya dalam bidang literasi yaitu menulis buku. Saya berkolaborasi dengan anak dalam menghasilkan karya. Alhamdulillah sampai saat ini sudah terbit 2 buku dan lagi proses buku ke-3. Semoga dengan pemikiran KHD ini, semakin membuka wawasan saya dan termotivasi untuk semakin semangat dalam berkarya bersama siswa. 
Inilah sebagian kegiatan yang sudah saya terapkan dikelas setelah memahami pemikiran KHD. Semoga kedepannya saya lebih bisa lagi mengembangkan pemikiran KHD sehingga pendidikan itu benar-benar menuntun anak untuk tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik sesuai dengan dasar-dasar pemikiran KHD. 

"Tidak perlu menunggu jadi pejabat untuk hebat. 
Tidak perlu menunggu jadi ahli untuk berbuat. 
Setiap kita memiliki kesempatan yang sama. 
Mulailah bergerak, mulailah melakukan perubahan. Mulailah dari diri sendiri."
_Nafrizal Eka Putra_

Comments

  1. Sungguh menginspirasi..
    Sukses selalu pak NaffπŸ‘

    ReplyDelete
  2. Niat tulus dan ikhlas akan melahirkan energi positif dan akan menghasilkan karya yang positif. Tetap semangat untuk mewarnai dunia pendidikan dengan potensi dan kerja nyata, Tularkan energi positif kepada rekan sejawat lainnya. Jadilah pribadi yang menjadi panutan bagi anak didiknya, semangat dan selalu jaga kesehatan.. sukses selalu buat kita semua.

    ReplyDelete
  3. Keren pak Naff...
    Menginspirasi...
    Tulisannya sangat terasah

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini P5 ku, mana P5 mu?

Guru itu tak seburuk yang kau sangka, kawan!

Ciri-Ciri Guru Yang Baik Dan Disenangi Siswa Versi Pak Guru Ganteng (UPT SDN 14 Lunang)